Home Semarang Eye Center
SEMARANG EYE CENTRE (SEC) RSI SA PDF Print

Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung, menempati ruangan khusus yang representatif, dengan pelayanan terpusat, pengguna layanan SEC akan mendapatkan pelayanan "One Stop Service" dimulai pemeriksaan awal, pengobatan, konsultasi tindakan operatif, apotik dan optik yang berada dalam satu lokasi.


Semarang Eye Center juga dilengkapi dengan peralatan canggih dan akurat menggunakan teknologi komputer digital serta tindakan Operasi Mata Subspesialistik dengan tehnik operasi dan peralatan paling mutakhir :


Lasik (Laser Assisted In-situ Keratomileusis)

Suatu alat untuk memperbaiki kelainan refraksi pada mata. Alat ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1990, teknologi lasik terus berkembang pesat. Teknologi terkini pada tindakan LASIK adalah yang disebut Wavefront Guided LASIK/Refraktive Surgery, yaitu gabungan antara ketepatan pengukuran dan kelainan refraksi mata. Yang memperhitungkan berbagai faktor, selanjutnya digunakan untuk menetapkan parameter-parameter pada prosedur/tindakan LASIK. Semua pekerjaan ini dikerjakan oleh System yang khusus, sehingga kesalahan-kesalahan pengukuran pada metode konvensional dapat dihindarkan.




  
Fakoemulsifikasi
Merupakan alat operasi mata dengan teknologi terbaru terutama untuk operasi katarak dan retina. Dengan alat ini operasi akan berlangsung lebih aman dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.




OCT (Optical Coherence Tomography).
Merupakan alat diagnostik modern dengan teknik pencahayaan menggunakan resolusi tinggi untuk menvisualisasikan perubahan yang terjadi akibat suatu penyakit pada retina mata. Alat ini tidak kontak langsung dengan bola mata sehingga dapat mengurangi efek samping yang merugikan mata.




Humphrey Automatic Perimeter
Alat pemeriksaan lapang pandang Humphrey. Alat ini digunakan untuk memeriksa lapang pandangan yang terganggu terutama untuk pencegahan dan pengawasan penyakit glaukoma.
Non Contact Tonometer.
  
Alat pengukur tekanan bola mata otomatis. Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan bola mata secara cepat dan akurat, tanpa menyentuh bola mata. Terutama digunakan untuk pengendalian penyakit glaukoma.
  
Fundus Camera Non Mydriatil.
 
  
 Alat ini digunakan mengambil gambar retina, untuk menemukan komplikasi penyakit Diabetes dan penyakit lainnya secara mudah dan nyaman
  
Slit Lamp
 
 Slit Lamp digunakan untuk melihat dan mengambil gambar kelainan mata bagian depan secara lebih detil. Dengan demikian kelainannya akan tampak lebih jelas.
  
Alat laser Mata 
Alat ini digunakan untuk melakukan pengobatan kelainan pada retina. Untuk pengobatan dengan alat ini perlu persiapan sebelumnya antara lain ditetes untuk melebarkan pupil.
  
Phoroptor
 

Suatu alat pemeriksaan tajam penglihatan subjektif secara yang lengkap menggunakan projektor dan berbagai jenis lensa coba. Pemeriksaan dapat dilakukan lebih akurat.


Autorefrakto keratometer. 

Alat ini digunakan untuk mengukur kekuatan refraksi komea secara otomatis, dengan alat ini secara cepat dapat diketahui ukuran lensa kacamata yang mungkin diperlukan oleh penderita.
  
Cryotherapy 

Alat yang dipergunakan pada operasi retina dan glaukoma tertentu. Dengan alat ini retina yang lepas (ablasio retina) dapat direkatkan kembali.
  
Humphrey Automatic Perimeter
 

Alat pemeriksaan lapang pandang Humphrey. Alat ini digunakan untuk memeriksa lapang pandangan yang terganggu terutama untuk pencegahan dan pengawasan penyakit glaukoma.
  
Non Contact Tonometer.
 

Alat pengukur tekanan bola mata otomatis. Alat ini digunakan untuk mengukur tekanan bola mata secara cepat dan akurat, tanpa menyentuh bola mata. Terutama digunakan untuk pengendalian penyakit glaukoma
  
Fundus Camera Non Mydriatil.
 
Alat ini digunakan mengambil gambar retina, untuk menemukan komplikasi penyakit Diabetes dan penyakit lainnya secara mudah dan nyaman
 
  
Ophthalmic Imaging System.
 

Alat ini digunakan untuk menilai keadaan retina. Dengan alat ini dapat dibuat foto serial dengan ataupun tanpa kontras, sehingga dapat dinilai keadaan retina, khoroid dan syaraf optik. Berbagai penyakit yang tidak tampak dengan foto fundus biasa dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan alat ini.

 
  
Foto Segmen Anterior.
 
 Dengan alat ini dapat dibuat foto bagian depan bola mata sehingga pasien dapat melihat bagian matanya yang sakit.
  
USG Mata (A & B Scan). 
 Seperti USG yang lain, alat ini dapat menilai keadaan didalam bola mata apabila bagian tersebut tidak dilihat dari depan akibat adanya kekeruhan pada media, misalnya katarak. Dengan alat ini dapat diukur kekuatan lensa tanam (IOL) yang akan dipasang pada pasien yang menjalani operasi katarak sehingga didapatkan tajam penglihatan yang lebih baik.
  
Operating Microscope.  
Dengan alat ini operasi mata dapat dilakukan lebih teliti karena obyek dapat terlihat lebih jelas dan detail sehingga hasil yang diperoleh akan lebih optimal.

 


PASIEN LASIK DI RSI SA

"Surprise dan service yang luar biasa" ujar Bayu Siwi sesaat setelah menerima bingkisan dari Customer Service SEC RSI SA. Ungkapan itu muncul dari mulut Bayu pada tanggal 4 Februari yang lalu, karena saat melakukan operasi LASIK, Bayu Siwi tepat berulang tahun ke 22.

Menurut pengakuannya, Bayu sangat terkesan dengan konsep yang diusung oleh SEC yakni "One Stop Service". konsep ini merupakan penggabungan satu atap beberapa pelayanan seperti pendaftaran, pembayaran hingga pemberian obat. Sehingga Bayu merasa termudahkan dengan adanya konsep ini. Diapun merasa orang lain juga merasakan hal yang serupa.

Pada awalnya dirinya sangat tegang sesaat menjelang operasi LASIK. Apalagi sebelum melakukan operasi bersama-sama dengan pasien LASIK lainnya menyaksikan operasi melalui layar TV LCD yang berada di luar. Namun perasaan berubah menjadi perasaan senang, ketika dia sudah menjalani operasi LASIK dengan selamat.